Jumat, 24 Februari 2012

Termodinamika


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                   : SMA.............
Mata Pelajaran                                     : Fisika
Kelas / Semester                      : XI / 2
Materi Pembelajaran                : Termodinamika
Alokasi waktu                          :
I.     Standar Kompetensi          : Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor
II.   Kompetensi dasar              : Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan               menerapkan hukum termodinamika
III.             Indikator
A.  Kognitif
1.    Produk
a.    Menjelaskan keadaan dan proses termodinamika
b.    Mendeskripsikan  usaha, kalor, dan energi dalam proses hukum termodinamika
c.    Menganalisis   proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan – volume (p-V)
d.    Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika
2.    Proses
a.    Menerapkan  hukum I dan II  termodinamika dalam pengaplikasiannya pada kehipan sehari - hari
b.    Mengkaji literatur tentang hukum termodinamika
c.    Membuat kesimpulan dari hasil diskusi
B.   Psikomotorik
Terampil dalam mengajukan ide dan pandangan dalam suatu proses pembelajaran yang dilakukan
C.  Afektif
1.        Karakter
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter, meliputi religius, jujur, tanggung jawab, peduli, bekerjasama, terbuka dan menghargai pendapat orang lain
2.        Keterampilan Sosial
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi : Bertanya, menyumbang ide / pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkata dengan santun / berkomunikasi dengan baik.

IV.   Tujuan Pembelajaran
A.    Kognitif
1.    produk
1). Secara mandiri siswa dapat menjelaskan keadaan dan proses termodinamika
2)      secara mandiri siswa mampu mendeskripsikan usaha, kalor, energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika.
3)        Siswa dapat menganalisis proses gas ideal berdasarkan tekanan – volume (p-V)
4)        Siswa mampu menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika
2. proses
1)   Siswa dapat menerapkan  hukum I dan II termodinamika dalam pengaplikasianya pada kehidupan sehari - hari
2)   Siswa dengan terampil mencari dan mengkaji literatur tentang hukum termodinamika
3)    Siswa dituntut dapat membuat kesimpulan dari hasil diskusi
B.       Psikomotorik
Siswa dapat terampil dalam mengajukan ide dan pendapat  dalam suatu proses pembelajaran yang dilakukan
C.    Afektif
1.    Karakter
a.       Jujur :  Siswa jujur dalam menuliskan data percobaan
b.      Bertanggung jawab : Siswa bertanggung jawab dalam menyelesaikan laporan hasil percobaan
c.       Peduli dan memberi pemahaman kepada teman jika ada yang belum memahami materi

2.    Keterampilan Sosial
Selama diskusi siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi : bertanya, menyumbang ide / pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkata dengan santun / berkomunikasi dengan baik.
V.      Materi Ajar
Termodinamika
ü  Hukum Termodinamika I
ü  Hukum Termodinamika II
ü  Siklus Karnot
VI.   Model dan Metode Pembelajaran
ü  Model Kooperatif tipe STAD
ü  Metode diskusi
VII.Bahan Ajar
ü  Buku siswa
ü  LKS
ü  Media
ü  Internet
ü  Buku SMA KLS XI / 2, Marten kanginan
VIII. Proses Belajar Mengajar atau Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( menit)
Untuk Tujuan Pembelajaran No.1, 2, 3, 4,  dan tujuan afektif
A.    Pendahuluan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
1.      Guru memberi salam

2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.      Guru mencoba mengasah pengetahuan siswa tentang termodinamika “ udara hangat keatas, mengapa udara di pegunungan dingin?

Fase 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi
4.      Guru memotivasi siswa, “ Tentunya kalian sering membuka tutup botol pada minuman dingin, apa yang kalian lihat pada tutup botol.

5.      Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (Apersepsi dan motivasi)

Ø Peserta didik menjawab salam
Ø Menjawab absen
Ø Peserta didik memberikan jawaban dan teman yang lain menanggapinya


Ø Peserta didik  diharapkan dapat memberikan sumbangan ide, pendapat dengan santun,menghargai dan tidak mencela pendapat teman yang lain.

Ø   Siswa memperhatikan penjelasan guru.
± 10 Menit



B.     Inti
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
Fase 2. Menyajikan informasi
1)      Guru membagikan buku siswa sebagai bahan bacaan siswa

2)      Siswa memperoleh informasi mengenai hukum I termodinamika
3)      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti
Fase 3. Mengatur pengelompokan siswa
4)      Mengorganisasikan siswa dalam beberapa kelompok kooperatif. Selanjutnya guru memberi pengarahan agar setiap kelompok mengerjakan tugas yang berbeda sesuai dengan urutan kelompok. Guru membagikan LKS 01 SMA pada tiap kelompok. Ketika mendistribusikan LKS 01, guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LKS 01 SMA.
Fase 4. Membimbing kerja kelompok
5)      Siswa dibawah  bimbingan guru dalam mengerjakan LKS 01 SMA. Diharapkan pada saat kerja  kelompok, setiap anggota dapat memberikan sumbangan ide pada  anggota  kelompok lainnya, bertanggung jawab terhadap tugasnya, menghargai  pendapat  temannya,  berbagi  kesempatan, mendengarkan  pendapat  teman.
Fase 5. Evaluasi
6)      Melakukan evaluasi formatif dengan meminta perwakilan tiap kelompok untuk membacakan jawaban hasil diskusi kelompoknya dan kelompok lain menanggapi.



Ø Peserta didik menerima buku siswa

Ø Peserta didik menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti




Ø Peserta didik membentuk kelompok




















Ø Peserta didik mengerjakan LKS 01











Ø Peserta didik membacakan jawaban hasil diskusi
± 70 Menit

C.     Penutup
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
1.      Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan tentang hasil diskusi
2.      Guru memberikan tes evaluasi dengan memberikan beberapa soal
3.      Memberikan tugas rumah berupa mempelajari kembali materi yang sudah didapat pada pertemuan pertama dan mencari materi mengenai hukum termodinamika dan termodinamika gas
Fase 6. Penghargaan
4.      Guru memberikan penghargaan kepada anggota kelompok yang mendapatkan skor tertinggi
Ø Peserta didik membuat kesimpulan
Ø Peserta didik mengerjakan soal latihan







Peserta didik menerima penghargaan
± 10 Menit

Pertemuan II
A.    Pendahuluan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
1)      Guru memberi salam

2)      Guru mengecek kehadiran siswa
3)      Guru mencoba mengasah pengetahuan siswa tentang termodinamika “ udara hangat keatas, mengapa udara di pegunungan dingin?
Fase 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi
4)      Guru memotivasi siswa, “ Tentunya kalian sering membuka tutup botol pada minuman dingin, apa yang kalian lihat pada tutup botol.

5)      Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (Apersepsi dan motivasi)

Ø Peserta didik menjawab salam
Ø Menjawab absen.
Ø Peserta didik memberikan jawaban dan teman yang lain menanggapinya

Ø Peserta didik  diharapkan dapat memberikan sumbangan ide, pendapat dengan santun,

Ø menghargai dan tidak mencela pendapat teman yang lain.  
± 10 Menit







B.Inti
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
Fase 2. Menyajikan informasi
6). Guru membagikan buku siswa sebagai bahan bacaan siswa

7)      Siswa memperoleh informasi mengenai hukum II termodinamika
8)      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti
Fase 3. Mengatur pengelompokan siswa
9)      Mengorganisasikan siswa dalam beberapa kelompok kooperatif. Selanjutnya guru memberi pengarahan agar setiap kelompok mengerjakan tugas yang berbeda sesuai dengan urutan kelompok. Guru membagikan LKS 02 SMA pada tiap kelompok. Ketika mendistribusikan LKS 02, guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LKS 02 SMA.
Fase 4. Membimbing kerja kelompok
10)  Siswa dibawah  bimbingan guru dalam mengerjakan LKS 02 SMA. Diharapkan pada saat kerja  kelompok, setiap anggota dapat memberikan sumbangan ide pada  anggota  kelompok lainnya, bertanggung jawab terhadap tugasnya, menghargai  pendapat  temannya,  berbagi  kesempatan, mendengarkan  pendapat  teman.
Fase 5. Evaluasi
11)  Melakukan evaluasi formatif dengan meminta perwakilan tiap kelompok untuk membacakan jawaban hasil diskusi kelompoknya dan kelompok lain menanggapi.



Ø Peserta didik menerima buku siswa

Ø Peserta didik menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti





Ø Peserta didik membentuk kelompok




















Ø  Peserta didik mengerjakan LKS 01











Ø Peserta didik membacakan jawaban hasil diskusi
± 70 Menit

C.Penutup
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
5.      Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan tentang hasil diskusi
6.      Guru memberikan tes evaluasi dengan memberikan beberapa soal
7.      Memberikan tugas rumah berupa mempelajari kembali materi yang sudah didapat pada pertemuan pertama dan mencari materi mengenai hukum termodinamika dan termodinamika gas
Fase 6. Penghargaan
8.      Guru memberikan penghargaan kepada anggota kelompok yang mendapatkan skor tertinggi
Ø Peserta didik membuat kesimpulan
Ø Peserta didik mengerjakan soal latihan









Ø Peserta didik menerima penghargaan
± 10 Menit





Pertemuan III
A.Pendahuluan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
1). Guru memberi salam

2). Guru mengecek kehadiran siswa
3). Guru mencoba mengasah pengetahuan siswa tentang termodinamika “ udara hangat keatas, mengapa udara di pegunungan dingin?
Fase 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi
4). Guru memotivasi siswa, “ Tentunya kalian sering membuka tutup botol pada minuman dingin, apa yang kalian lihat pada tutup botol.

5). Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (Apersepsi dan motivasi)

Ø Peserta didik menjawab salam

Ø Peserta didik memberikan jawaban dan teman yang lain menanggapinya

Ø Peserta didik  diharapkan dapat memberikan sumbangan ide, pendapat dengan santun, menghargai dan tidak mencela pendapat teman yang lain.  
± 10 Menit


B.Inti
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
Fase 2. Menyajikan informasi
12)  Guru membagikan buku siswa sebagai bahan bacaan siswa

13)  Siswa memperoleh informasi mengenai cara kerja siklus karnot
14)  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti
Fase 3. Mengatur pengelompokan siswa
15)  Mengorganisasikan siswa dalam beberapa kelompok kooperatif. Selanjutnya guru memberi pengarahan agar setiap kelompok mengerjakan tugas yang berbeda sesuai dengan urutan kelompok. Guru membagikan LKS 03 SMA pada tiap kelompok. Ketika mendistribusikan LKS 03, guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LKS 03 SMA.
Fase 4. Membimbing kerja kelompok
16)  Siswa dibawah  bimbingan guru dalam mengerjakan LKS 03 SMA. Diharapkan pada saat kerja  kelompok, setiap anggota dapat memberikan sumbangan ide pada  anggota  kelompok lainnya, bertanggung jawab terhadap tugasnya, menghargai  pendapat  temannya,  berbagi  kesempatan, mendengarkan  pendapat  teman.
Fase 5. Evaluasi
17)  Melakukan evaluasi formatif dengan meminta perwakilan tiap kelompok untuk membacakan jawaban hasil diskusi kelompoknya dan kelompok lain menanggapi.



Ø Peserta didik menerima buku siswa

Ø Peserta didik menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti





Ø Peserta didik membentuk kelompok




















Ø Peserta didik mengerjakan LKS 01











Ø Peserta didik membacakan jawaban hasil diskusi
± 70 Menit

C.Penutup
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
9.      Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan tentang hasil diskusi
10.  Guru memberikan tes evaluasi dengan memberikan beberapa soal
11.  Memberikan tugas rumah berupa mempelajari kembali materi yang sudah didapat pada pertemuan pertama dan mencari materi mengenai hukum termodinamika dan termodinamika gas
Fase 6. Penghargaan
12.  Guru memberikan penghargaan kepada anggota kelompok yang mendapatkan skor tertinggi
Ø Peserta didik membuat kesimpulan
Ø Peserta didik mengerjakan soal latihan







Ø Peserta didik menerima penghargaan
± 10 Menit

Tabel Spesifikasi Instrument Tes

Indikator
LP dan butir soal
Kunci LP dan butir soal
Produk
a.    Menjelaskan keadaan dan proses termodinamika
b.    Mendeskripsikan  usaha, kalor, dan energi dalam proses hukum termodinamika
c.    Menganalisis   proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan – volume (p-V)
d.   Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika

LP 1 Produk:
Butir 1, dan 3

Butir 4


Butir 2


Butir 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11
Kunci LP 1 Produk:
Butir 1, dan 3

Butir 4


Butir 2


Butir 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11
Proses
a.       Menerapkan  hukum I dan II  termodinamika dalam pengaplikasiannya pada kehipan sehari - hari
b.      Mengkaji literatur tentang hukum termodinamika
c.       Membuat kesimpulan dari hasil diskusi



LP 3 proses:
RTK 1, 2, dan 3,
Dipercayakan kepada judgement penilai/Guru
Psikomotor
Terampil dalam mengajukan ide dan pandangan dalam suatu proses pembelajaran yang dilakukan

LP 3 Psikomotor:
RTK 1, 2, 3, 4, dan 5








Dipercayakan kepada judgement penilai/Guru
Karakter
Jujur, teliti, sopan, peduli, tanggung jawab, bekerja sama, dan menghargai pendapat teman
LP 4 Karakter
RTK 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7
Seluruh RTK itu minimal memperoleh penilaian
Menunjukan kemajuan dan dipercayakan kepada judgement penilai/Guru
Keterampilan Sosial
Bertanya, menyumbangkan ide, menjadi pendengar yang baik, berkata dengan santun
LP 5 keterampilan
Sosial:
RTK 1, 2, 3, dan 4
Seluruh RTK itu minimal memperoleh penilaian
Menunjukan kemajuan dan dipercayakan kepada judgement penilai/Guru

Tidak ada komentar:

RANGKUMAN MATERI PENJAS

DOWLOND GRATIS