RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA.............
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : XI / 2
Materi Pembelajaran : Termodinamika
Alokasi waktu :
I.
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor
II.
Kompetensi dasar : Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika
III.
Indikator
A. Kognitif
1.
Produk
a.
Menjelaskan keadaan dan proses
termodinamika
b.
Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam proses hukum
termodinamika
c.
Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan
– volume (p-V)
d.
Menganalisis perubahan keadaan gas
ideal dengan menerapkan hukum termodinamika
2.
Proses
a.
Menerapkan hukum I dan II termodinamika dalam pengaplikasiannya pada
kehipan sehari - hari
b.
Mengkaji literatur tentang hukum
termodinamika
c.
Membuat kesimpulan dari hasil
diskusi
B.
Psikomotorik
Terampil dalam mengajukan ide dan
pandangan dalam suatu proses pembelajaran yang dilakukan
C.
Afektif
1.
Karakter
Selama proses pembelajaran siswa terlibat
dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter, meliputi religius,
jujur, tanggung jawab, peduli, bekerjasama, terbuka dan menghargai pendapat
orang lain
2.
Keterampilan Sosial
Selama proses pembelajaran siswa
terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi :
Bertanya, menyumbang ide / pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkata
dengan santun / berkomunikasi dengan baik.
IV.
Tujuan Pembelajaran
A.
Kognitif
1.
produk
1). Secara mandiri siswa dapat menjelaskan keadaan dan proses
termodinamika
2)
secara mandiri siswa mampu mendeskripsikan usaha, kalor,
energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika.
3)
Siswa dapat menganalisis proses gas ideal berdasarkan tekanan
– volume (p-V)
4)
Siswa mampu menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan
menerapkan hukum termodinamika
2. proses
1)
Siswa dapat menerapkan
hukum I dan II termodinamika dalam pengaplikasianya pada kehidupan
sehari - hari
2)
Siswa dengan terampil mencari dan mengkaji literatur tentang
hukum termodinamika
3)
Siswa dituntut dapat membuat kesimpulan dari hasil diskusi
B.
Psikomotorik
Siswa dapat terampil
dalam mengajukan ide dan pendapat dalam
suatu proses pembelajaran yang dilakukan
C.
Afektif
1.
Karakter
a. Jujur : Siswa jujur dalam menuliskan data percobaan
b. Bertanggung
jawab : Siswa bertanggung jawab dalam menyelesaikan laporan hasil percobaan
c. Peduli dan
memberi pemahaman kepada teman jika ada yang belum memahami materi
2. Keterampilan
Sosial
Selama diskusi siswa terlibat dan
dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi : bertanya,
menyumbang ide / pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkata dengan santun /
berkomunikasi dengan baik.
V.
Materi Ajar
Termodinamika
ü Hukum Termodinamika I
ü Hukum Termodinamika II
ü Siklus Karnot
VI.
Model dan Metode Pembelajaran
ü Model Kooperatif tipe STAD
ü Metode diskusi
VII.Bahan Ajar
ü Buku siswa
ü LKS
ü Media
ü Internet
ü Buku SMA KLS XI / 2, Marten
kanginan
VIII. Proses Belajar Mengajar atau Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( menit)
Untuk Tujuan Pembelajaran No.1, 2,
3, 4, dan tujuan afektif
A.
Pendahuluan
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
1.
Guru memberi salam
2.
Guru mengecek kehadiran siswa
3.
Guru mencoba mengasah pengetahuan siswa tentang
termodinamika “ udara hangat keatas, mengapa udara di pegunungan dingin?
Fase 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi
4.
Guru memotivasi siswa, “ Tentunya kalian
sering membuka tutup botol pada minuman dingin, apa yang kalian lihat pada
tutup botol.
5.
Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai. (Apersepsi dan motivasi)
|
Ø
Peserta didik menjawab salam
Ø
Menjawab absen
Ø Peserta didik memberikan
jawaban dan teman yang lain menanggapinya
Ø Peserta didik diharapkan dapat memberikan sumbangan ide,
pendapat dengan santun,menghargai dan tidak mencela pendapat teman yang lain.
Ø Siswa memperhatikan
penjelasan guru.
|
± 10 Menit
|
B.
Inti
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Fase 2.
Menyajikan informasi
1)
Guru membagikan buku siswa sebagai bahan bacaan siswa
2)
Siswa memperoleh informasi mengenai hukum I termodinamika
3)
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan
hal-hal yang kurang dimengerti
Fase 3.
Mengatur pengelompokan siswa
4)
Mengorganisasikan siswa dalam beberapa kelompok kooperatif.
Selanjutnya guru memberi pengarahan agar setiap kelompok mengerjakan tugas
yang berbeda sesuai dengan urutan kelompok. Guru membagikan LKS 01 SMA pada
tiap kelompok. Ketika mendistribusikan LKS 01, guru membimbing siswa untuk
peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa
siswa untuk membantu guru membagikan LKS 01 SMA.
Fase 4.
Membimbing kerja kelompok
5)
Siswa dibawah bimbingan
guru dalam mengerjakan LKS 01 SMA. Diharapkan pada saat kerja kelompok, setiap anggota dapat memberikan
sumbangan ide pada anggota kelompok lainnya, bertanggung jawab
terhadap tugasnya, menghargai
pendapat temannya, berbagi
kesempatan, mendengarkan
pendapat teman.
Fase 5.
Evaluasi
6)
Melakukan evaluasi formatif dengan meminta perwakilan tiap
kelompok untuk membacakan jawaban hasil diskusi kelompoknya dan kelompok lain
menanggapi.
|
Ø Peserta didik menerima buku siswa
Ø Peserta didik menanyakan hal-hal yang kurang
dimengerti
Ø Peserta didik membentuk kelompok
Ø Peserta didik mengerjakan LKS 01
Ø Peserta didik membacakan jawaban hasil
diskusi
|
± 70 Menit
|
C.
Penutup
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
1. Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan tentang hasil diskusi
2. Guru memberikan tes evaluasi dengan memberikan beberapa soal
3. Memberikan tugas rumah berupa mempelajari kembali materi yang sudah didapat
pada pertemuan pertama dan mencari materi mengenai hukum termodinamika dan
termodinamika gas
Fase 6.
Penghargaan
4.
Guru memberikan penghargaan kepada anggota kelompok yang
mendapatkan skor tertinggi
|
Ø Peserta didik membuat
kesimpulan
Ø Peserta didik mengerjakan
soal latihan
Peserta didik menerima
penghargaan
|
± 10 Menit
|
Pertemuan II
A.
Pendahuluan
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
1) Guru
memberi salam
2) Guru
mengecek kehadiran siswa
3) Guru mencoba mengasah
pengetahuan siswa tentang termodinamika “ udara hangat keatas, mengapa udara
di pegunungan dingin?
Fase 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi
4)
Guru memotivasi siswa, “ Tentunya kalian
sering membuka tutup botol pada minuman dingin, apa yang kalian lihat pada
tutup botol.
5)
Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai. (Apersepsi dan motivasi)
|
Ø
Peserta didik menjawab salam
Ø
Menjawab absen.
Ø
Peserta didik memberikan jawaban dan teman
yang lain menanggapinya
Ø
Peserta didik diharapkan dapat memberikan sumbangan ide,
pendapat dengan santun,
Ø
menghargai dan tidak mencela pendapat teman yang lain.
|
± 10 Menit
|
B.Inti
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Fase 2.
Menyajikan informasi
6).
Guru membagikan buku siswa sebagai bahan bacaan siswa
7)
Siswa memperoleh informasi mengenai hukum II termodinamika
8)
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan
hal-hal yang kurang dimengerti
Fase 3.
Mengatur pengelompokan siswa
9)
Mengorganisasikan siswa dalam beberapa kelompok kooperatif.
Selanjutnya guru memberi pengarahan agar setiap kelompok mengerjakan tugas
yang berbeda sesuai dengan urutan kelompok. Guru membagikan LKS 02 SMA pada
tiap kelompok. Ketika mendistribusikan LKS 02, guru membimbing siswa untuk
peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa
siswa untuk membantu guru membagikan LKS 02 SMA.
Fase 4.
Membimbing kerja kelompok
10) Siswa dibawah bimbingan guru dalam mengerjakan LKS 02 SMA.
Diharapkan pada saat kerja kelompok,
setiap anggota dapat memberikan sumbangan ide pada anggota
kelompok lainnya, bertanggung jawab terhadap tugasnya, menghargai pendapat
temannya, berbagi kesempatan, mendengarkan pendapat
teman.
Fase 5.
Evaluasi
11) Melakukan evaluasi formatif
dengan meminta perwakilan tiap kelompok untuk membacakan jawaban hasil
diskusi kelompoknya dan kelompok lain menanggapi.
|
Ø Peserta didik menerima buku siswa
Ø Peserta didik menanyakan hal-hal yang kurang
dimengerti
Ø Peserta didik membentuk kelompok
Ø Peserta didik mengerjakan LKS 01
Ø Peserta didik membacakan jawaban hasil
diskusi
|
± 70 Menit
|
C.Penutup
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
5. Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan tentang hasil diskusi
6. Guru memberikan tes evaluasi dengan memberikan beberapa soal
7. Memberikan tugas rumah berupa mempelajari kembali materi yang sudah
didapat pada pertemuan pertama dan mencari materi mengenai hukum
termodinamika dan termodinamika gas
Fase 6.
Penghargaan
8.
Guru memberikan penghargaan kepada anggota kelompok yang
mendapatkan skor tertinggi
|
Ø Peserta didik membuat
kesimpulan
Ø Peserta didik mengerjakan
soal latihan
Ø Peserta didik menerima penghargaan
|
± 10 Menit
|
Pertemuan III
A.Pendahuluan
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
1). Guru
memberi salam
2). Guru
mengecek kehadiran siswa
3). Guru mencoba mengasah pengetahuan siswa tentang termodinamika “
udara hangat keatas, mengapa udara di pegunungan dingin?
Fase 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi
4). Guru memotivasi siswa, “ Tentunya kalian sering
membuka tutup botol pada minuman dingin, apa yang kalian lihat pada tutup
botol.
5). Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
(Apersepsi dan motivasi)
|
Ø
Peserta didik menjawab salam
Ø
Peserta didik memberikan jawaban dan teman
yang lain menanggapinya
Ø
Peserta didik
diharapkan dapat memberikan sumbangan ide, pendapat dengan santun,
menghargai dan tidak mencela pendapat teman yang lain.
|
± 10 Menit
|
B.Inti
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Fase 2. Menyajikan
informasi
12) Guru membagikan buku siswa
sebagai bahan bacaan siswa
13) Siswa memperoleh informasi
mengenai cara kerja siklus karnot
14) Guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti
Fase 3.
Mengatur pengelompokan siswa
15) Mengorganisasikan siswa
dalam beberapa kelompok kooperatif. Selanjutnya guru memberi pengarahan agar
setiap kelompok mengerjakan tugas yang berbeda sesuai dengan urutan kelompok.
Guru membagikan LKS 03 SMA pada tiap kelompok. Ketika mendistribusikan LKS 03,
guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang
membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LKS
03 SMA.
Fase 4.
Membimbing kerja kelompok
16) Siswa dibawah bimbingan guru dalam mengerjakan LKS 03 SMA.
Diharapkan pada saat kerja kelompok,
setiap anggota dapat memberikan sumbangan ide pada anggota
kelompok lainnya, bertanggung jawab terhadap tugasnya, menghargai pendapat
temannya, berbagi kesempatan, mendengarkan pendapat
teman.
Fase 5.
Evaluasi
17) Melakukan evaluasi formatif
dengan meminta perwakilan tiap kelompok untuk membacakan jawaban hasil
diskusi kelompoknya dan kelompok lain menanggapi.
|
Ø Peserta didik menerima buku siswa
Ø Peserta didik menanyakan hal-hal yang kurang
dimengerti
Ø Peserta didik membentuk kelompok
Ø Peserta didik mengerjakan LKS 01
Ø Peserta didik membacakan jawaban hasil
diskusi
|
± 70 Menit
|
C.Penutup
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
9. Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan tentang hasil diskusi
10. Guru memberikan tes evaluasi dengan memberikan beberapa soal
11. Memberikan tugas rumah berupa mempelajari kembali materi yang sudah
didapat pada pertemuan pertama dan mencari materi mengenai hukum
termodinamika dan termodinamika gas
Fase 6. Penghargaan
12. Guru memberikan penghargaan
kepada anggota kelompok yang mendapatkan skor tertinggi
|
Ø Peserta didik membuat
kesimpulan
Ø Peserta didik mengerjakan
soal latihan
Ø Peserta didik menerima penghargaan
|
± 10 Menit
|
Tabel Spesifikasi Instrument Tes
Indikator
|
LP
dan butir soal
|
Kunci
LP dan butir soal
|
Produk
a.
Menjelaskan keadaan dan proses termodinamika
b.
Mendeskripsikan
usaha, kalor, dan energi dalam proses hukum termodinamika
c.
Menganalisis proses
gas ideal berdasarkan grafik tekanan – volume (p-V)
d.
Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan
hukum termodinamika
|
LP
1 Produk:
Butir
1, dan 3
Butir
4
Butir
2
Butir
5, 6, 7, 8, 9, 10, 11
|
Kunci
LP 1 Produk:
Butir
1, dan 3
Butir
4
Butir
2
Butir
5, 6, 7, 8, 9, 10, 11
|
Proses
a.
Menerapkan hukum I
dan II termodinamika dalam
pengaplikasiannya pada kehipan sehari - hari
b.
Mengkaji literatur tentang hukum termodinamika
c.
Membuat kesimpulan dari hasil diskusi
|
LP
3 proses:
RTK
1, 2, dan 3,
|
Dipercayakan
kepada judgement penilai/Guru
|
Psikomotor
Terampil dalam mengajukan ide dan pandangan dalam suatu proses
pembelajaran yang dilakukan
|
LP
3 Psikomotor:
RTK
1, 2, 3, 4, dan 5
|
Dipercayakan
kepada judgement penilai/Guru
|
Karakter
Jujur,
teliti, sopan, peduli, tanggung jawab, bekerja sama, dan menghargai pendapat
teman
|
LP
4 Karakter
RTK
1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7
|
Seluruh
RTK itu minimal memperoleh penilaian
Menunjukan
kemajuan dan dipercayakan kepada judgement penilai/Guru
|
Keterampilan Sosial
Bertanya,
menyumbangkan ide, menjadi pendengar yang baik, berkata dengan santun
|
LP
5 keterampilan
Sosial:
RTK
1, 2, 3, dan 4
|
Seluruh
RTK itu minimal memperoleh penilaian
Menunjukan
kemajuan dan dipercayakan kepada judgement penilai/Guru
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar