Jumat, 24 Februari 2012

RRP SMA PENJUMLAHAN VEKTOR


(RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMA.............
Mata Pelajaran                      : Fisika
Kelas / Semester                     : X / 1
Materi Pembelajaran                         : Penjumlahan Vektor
Alokasi waktu                                     : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi    : Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
Kompetensi dasar       : Melakukan penjumlahan vektor
I.     Indikator
A.  Kognitif
1.    Produk
a.    Menginformasikan pengertian besaran skalar dan besaran vektor
b.   Memberitahukan cara menuliskan dan penggambaran vektor dengan benar
c.    Menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode jajar genjang, Segi tiga dan poligon.
2.   Proses
a.    Menghitung hasil penjumlahan dua buah vektor segaris maupun tidak segaris dengan dengan benar.
b.   Menggambarkan dua buah vektor dengan menggunakan metode jajaran genjang, metode segi tiga dan poligon.
B.   Psikomotorik
Terampil dalam mengajukan ide dan pandangan dalam suatu proses pembelajaran yang dilakukan.


C.  Afektif
1.        Karakter
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter, meliputi religius, jujur, tanggung jawab, peduli, bekerjasama, terbuka dan menghargai pendapat orang lain
2.        Keterampilan Sosial
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi : Bertanya, menyumbang ide / pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkata dengan santun / berkomunikasi dengan baik

II.      Tujuan Pembelajaran
A.    Kognitif
1.    produk
a.    Secara mandiri siswa dapat menjelaskan perbedaan antara skalar dan vektor.
b.   secara mandiri siswa mampu menggambarkan penjumlahan vektor dengan benar.
c.    Siswa dapat menentukan besar dan arah resultan vector
d.   Siswa dapat menganalisis penjumlahan vektor dengan  menggunakan berbagai metode.
2. proses
a.       Siswa dapat melakukan penjumlahan vektor segaris maupun tidak segaris.
b.      Siswa dapat Menggambar vektor, resultan vektor, komponen vektor serta
menghitung besar dan arah resultan vektor dalam diskusi kelas. 
c.       Siswa dengan terampil mencari dan mengkaji literatur tentang penjumlahan vektor.
d.      Siswa dituntut dapat membuat kesimpulan dari hasil penjumlahan vektor yang di diskusikan di kelas.
B.       Psikomotorik
Siswa dapat terampil dalam mengajukan ide dan pendapat  dalam suatu proses pembelajaran yang dilakukan

C.    Afektif
1.    Karakter
a.    Jujur :  Siswa jujur dalam menuliskan data percobaan
b.   Bertanggung jawab : Siswa bertanggung jawab dalam menyelesaikan laporan hasil percobaan
c.    Peduli dan memberi pemahaman kepada teman jika ada yang belum memahami materi
2.    Keterampilan Sosial
Selama diskusi siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi : bertanya, menyumbang ide / pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkata dengan santun / berkomunikasi dengan baik.
III.   Materi Ajar
Penjumlahan vektor  
ü  Penjumlahan vektor segaris.
ü  Penjumlahan vektor tidak segaris.
IV.   Model dan Metode Pembelajaran
ü  Model Pembelajaran Langsung.
ü  Metode Demonstrasi
V.      Bahan Ajar
ü  Buku siswa
ü  LKS
ü  Media
ü  Internet
ü  Buku SMA KLS X / 1, Marten kanginan


VIII. Proses Belajar Mengajar atau Skenario Pembelajaran
A.    Pendahuluan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
1.      Guru memberi salam

2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.      Guru mencoba mengasah pengetahuan siswa tentang pengetahuan tentng besaran skalar dan vektor
Fase 1: Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa.

4.      Membaca tujuan pembelajaran dalam standar kompetensi dan kompetensi dasarnya.
5.      Mengajak siswa berdiskusi untuk membedakan besaran pokok dan besaran turunan.
Ø Peserta didik menjawab salam
Ø Menjawab absen
Ø Peserta didik memberikan jawaban dan teman yang lain menanggapinya

Ø Peserta didik  diharapkan dapat memberikan sumbangan ide, pendapat dengan santun,menghargai dan tidak mencela pendapat teman yang lain.


± 10 Menit



B.     Inti
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
Fase 2  Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan siswa.
1)      Guru membagikan buku siswa sebagai bahan bacaan siswa.

2)      Guru membagikan LKS  SMA pada tiap individu. Ketika mendistribusikan LKS, guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LKS 01 SMA.
3)      Menginformasikan pengertian besaran skalar dan besaran vektor
4)      Memberitahukan cara menuliskan dan menggambarkan vektor dengan benar
5)      Menginformasikan cara menentukan besar suatu vektor segaris maupun tidak segaris.
6)      Memberi kesempatan pada siswa untuk melakukan penjumlahan vektor ke depan dengan menggunakan alat peraga yang sudah disiapkan.
Misal :
a.     Metode Poligon
b.      Metode Jajar Genjang
c.       Metode segitiga
Fase 3 Membimbing siswa dalam memahami materi pelajaran
7)      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti tentang penjumlahan vektor.


Ø Peserta didik menerima buku siswa
Ø Peserta didik mengerjakan LKS yang diberikan.




Ø Peserta didik memperhatikan dengan baik penjelasan yang telah diberikan.



Ø Peserta didik melakukan penjumlahan vektor dengan menggunakan alat peraga di depan. Yang dipanggil.






Ø Peserta didik menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti tentang materi penjumlahan vektor.




± 60 Menit

C.     Penutup
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
Fase 4 Mengecek pemahaman siswa dan memberi umpan balik
1.      Memberi kesimpulan tentang penjumlahan vektor yang telah diajarkan.
2.      Guru memberikan tes evaluasi dengan memberikan beberapa soal
Fase 5 Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan tentang materi yang akan diajarkan.

3.      Memberikan tugas rumah berupa mempelajari kembali materi yang sudah didapat pada pertemuan pertama dan mencari materi mengenai penjumlahan vektor.


Ø Peserta didik memperhatikan.


Ø Peserta didik mengerjakan soal latihan


Ø Peserta didik menerima tugas rumah. Dan belajar dirumah materi yang dibahas minggu depan.

± 5 Menit



± 10 Menit



± 5 Menit







IX. Program Tidak Lanjut
1.   Remedial    : memberikan ujian ulang dan member penjelasan kembali materi materi yang belum dikuasi siswa dan mencari tahu permasalahannya agar siswa dapat memahami mata kulia yang diberikan.
2.   Pengayaan  : memberikan pembelajaran ulang atau memberi suatu informasi tentang mata pelajaran tersebut dengan dengan lebih, agar siswa dapat memahami materi tersebut.




Tidak ada komentar:

RANGKUMAN MATERI PENJAS

DOWLOND GRATIS