Sejarah Singkat Facebook (Positif Dan Negatifnya)
ANDA para peselancar dunia maya yang
sering berjelajah dari situs satu ke situs lainnya pasti takkan lupa untuk
nongkrong atau paling tidak sekedar mampir ke salah satu situs yang lagi
meroket saat ini. Situs apa itu? Ya, tentu saja situs facebook! Saat ini siapa
yang tidak mengenalnya? Bisa dipastikan orang yang melek huruf dan pernah
berinternet pasti mengetahui situs yang satu ini. Bahkan mereka yang dulunya
hanya berinternet untuk sekedar membuka email kini pun mulai betah berlama-lama
di depan komputer untuk mengulak-ngulik akun Facebook-nya.
Data berbicara saat ini ada sekitar 175
juta profil aktif di situs Facebook dan setiap profil rata-rata memiliki 120
teman. Durasi pengaksesan profil berjumlah sekitar 3 miliar menit/hari dan
lebih dari 18 juta pengguna meng-update profilnya setiap hari [data lengkap].
Lebih lanjut, menurut penelitian yang dilakukan oleh Student Monitor, Facebook
termasuk dalam jajaran benda/hal kedua yang diingini oleh para
pelajar/mahasiswa di AS setelah Ipod.
Tapi tahukah anda bahwa Facebook dulunya hanya
sebuah situs eksklusif yang dikhususkan untuk anak-anak kampus Harvard saja?
Lalu tahukah anda ternyata si pencipta situs ini pernah digugat di pengadilan
atas tuduhan penjiplakan hak intelektual dan source code dari perusahaan lain?
Selain itu benarkah Facebook memiliki situs kembaran?
Bagi yang tertarik lanjut mengetahui
seluk beluk facebook lebih dalam berikut akan dipaparkan secuil kisah
sejarahnya.
Facebook termasuk dalam kategori situs
jejaring sosial seperti Friendster, MySpace, Multiply, Yuwie, dll yang
menyediakan media bagi para penggunanya untuk saling bertukar informasi dan
berinteraksi. Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2006
oleh seorang mahasiswa Harvard University, Mark Zuckerberg. Nama Facebook
sendiri diinspirasi oleh Zuckerberg dari sebuah istilah di kalangan kampus
seantero AS untuk saling mengenal antar sesama civitas akademiknya. Awalnya
para penggunanya hanya dikhususkan bagi para mahasiswa di kampus Harvard
University. Lalu kemudian diperluas ke sejumlah kampus di wilayah Boston
(Boston College, Boston University, Northeastern University, Tufts University)
dan kampus-kampus lainnya seperti Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, and
Ivy League. Menyusul kemudian sejumlah kampus lain di AS. Akhirnya, penggunanya
lebih diperluas lagi ke sejumlah kampus lain di seluruh dunia. Tanggal 11
September 2006, Facebook membuat satu langkah penting dengan mengizinkan
aksesnya ke seluruh netter yang mempunyai alamat email valid, namun, dengan
pembatasan usia.
Sejarah Dan Perkembangan
Asal mula Facebook berawal ketika Mark
Zuckerberg (saat itu mahasiswa semester II Harvard University) membuat sebuah
situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi
dari situs Hot or Not menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini
yaitu menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua
pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling
“hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg
berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling
‘door-to-door’ untuk meminta foto.1
Saking nekatnya, Zuckerberg membobol
akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun
aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs
Facemash.com. diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman
akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan).
Atas tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan pihak
kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya, namun sayang
mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak
popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti
juga akan ada orang lain yang membuat situs serupa”.
Tidak kapok, pada semester berikutnya,
tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs baru
bernama “The Facebook” yang beralamat URL: http://www.thefacebook.com. Untuk
situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus
yang ingin membuat media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh
waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa
mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.2
Saat pertama kali diluncurkan “The
Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh
menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari
setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan
Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah
Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum
(desainer grafis), dan Chris Hughes.
Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai
merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus
ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu lama,
situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada.
Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo
Alto, California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan Sean
Parker.
Pertengahan 2004, thefacebook.com
mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.
TAHUN 2005
Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat
suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal 23
Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari
Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the”
tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.
Pada tahun 2005 ini juga, facebook telah
memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun yang
sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan Selandia
Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.
TAHUN 2006
Awal tahun 2006, Facebook diisukan akan
diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta, bahkan tawarannya
melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada bulan April
2006, Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari
Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei tahun
yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan
tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook
merubah status registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat
email valid di seluruh dunia.
TAHUN 2007
Bulan September 2007, Microsoft
mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar. Dalam
pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak
untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah pemain
raksasa lain seperti Google, Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat mereka
untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah
menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang
miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook.
TAHUN 2008
Pada Agustus 2008, majalah Business Week
melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga
diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar
Situasi Situs
Pengguna Facebook kini dapat bebas
bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan kota, lokasi kerja,
sekolah maupun negara. Jaringan-jaringan ini kemudian akan menghubungkan para
anggotanya. Sesama pengguna dapat berhubungan dengan teman-temannya dan bisa saling
melihat isi profil pribadi.
Situs Facebook mendapatkan pemasukan
utama dari iklan-iklan yang terpasang padanya. Para pengguna bebas membuat
profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi foto dan info-info pribadi
lainnya. Selain itu dapat juga saling mengirim pesan, bergabung dengan sebuah
grup atau lebih. Secara default, Facebook mengatur profil pengguna hanya bisa
diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman. Namun pengaturan ini bisa
nanti dirubah jika diinginkan
.
Microsoft adalah mitra eksklusif
Facebook dalam menayangkan iklan-iklan banner.
Inilah sebabnya mengapa Facebook
hanya menayang iklan-iklan yang termuat dalam jaringannya Microsoft. Menurut
comScore (situs periset internet marketing) saat ini Facebook mengumpul data
pengguna sebanyak yang dikumpulkan oleh Google dan Microsoft.
Dalam hal tampilan, Facebook sering
dibanding-bandingkan dengan MySpace dan Friendster. Namun perbedaaan utama
antara mereka ialah MySpace dan Friendster mengizinkan pengguna mendekorasi
tampilan profilnya dengan fitur HTML dan CSS, sedangkan Facebook hanya
mengizinkan fitur teks saja sehingga semua tampilan profil pengguna terlihat
seragam.
Fitur
Facebook memiliki sejumlah fitur
interaksi antar sesama pengguna yang di antaranya adalah fitur ‘Wall/Dinding’,
ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka, ‘Poke/Colek’,
sarana untuk saling mencolek secara virtual, ‘Photos/Foto’ ruang untuk memasang
foto, dan ‘Status’ yang menampilkan kondisi/ide terkini pengguna. Mulai Juli
2007, Facebook mengizinkan pengguna untuk mengirim berbagai lampiran (tautan,
aplikasi, dsb) langsung ke Wall/Dinding, di mana sebelumnya yang diizinkan
hanya teks saja.
Seiring perjalanan waktu, Facebook
menambahkan beberapa fitur baru ke dalam situsnya. Pada September 2006,
Facebook mengumumkan peluncuran News Feed/Rangkaian Kabar Berita yang berisi
kilasan informasi dari masing-masing pengguna. Mulanya fitur ini bersifat
terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja. Namun setelah mendapat keluhan dari
beberapa pengguna, pihak Facebook merubah pengaturan fitur ini sehingga kini
pengguna dapat mengatur mana yang bisa ditampilkan di News Feed/Rangkaian Kabar
Berita dan mana yang tidak.
Fitur Catatan/Notes ditambahkan pada 22
Agustus 2006. Dalam fitur ini pengguna bisa mengimpor tulisannya di blog lain
(Xanga, LiveJournal, Blogger, dll) untuk ditampilkan di Facebook. Tanggal 7
April 2008, Facebook meluncurkan salah satu fitur favorit yaitu ‘Chat/Obrolan’,
tempat di mana para pengguna bisa saling berkirim pesan pribadi secara langsung
dan real time.
Fitur ‘Gifts/Hadiah’ dimulai pada 8
Februari 2007. Fitur ini adalah fitur untuk saling berkirim hadiah. ‘Hadiah’
bisa dibeli dengan harga USD 1 dan ditambahkan pesan pribadi. Tanggal 14 Mei
2007, Facebook memperkenalkan ‘Marketplace’ yang mengizinkan pengguna untuk
beriklan secara gratis. Fitur beriklan gratis ini dibuat untuk menyaingi fitur
serupa yang diperkenalkan oleh Craiglist.
Juli 2008, Facebook merapikan tampilan
situs sehingga setiap kategori (dinding, info, foto, dll) memiliki tab-tab
terpisah. Mulai Maret 2009, Facebook merapikan tampilan “Home/Beranda”.
Platform
Pada 24 Mei 2007, Facebook mempromosikan
Facebook Platform. Ini adalah sarana bagi para pengembang software untuk
menciptakan aplikasi yang bisa digunakan di Facebook. Langkah ini segera
disambut oleh para pengembang software sehingga sampai 25 Maret 2009 tercatat
ada 52.000 aplikasi dengan jumlah pengembang sebanyak 660.000 pihak.
Perkembangan Negatif
Pada
Desember 2008, Mahkamah Agung Australia memutuskan menggunakan data-data
pengguna Facebook sebagai salah satu dasar dalam penentuan putusan perkara.
Universitas New Mexico pada
Oktober 2005 memblokir akses Facebook dalam jaringannya dengan dalih situs
Facebook bukan merupakan situs penunjang kampus. Pemerintah Provinsi Ontario,
Kanada juga memblokir akses Facebook dengan alasan yang hampir serupa.
Beberapa
negara sampai saat ini masih melarang akses Facebook ke warga negaranya.
Pemerintah Syria melarang akses Facebook dengan alasan situs ini akan dimanfaatkan
oleh Israel untuk meluaskan pengaruhnya. Pemerintah Iran juga memblokir
Facebook karena khawatir media ini akan digunakan pihak oposisi untuk
menggalang jaringannya.
Pada 5
Februari 2008, seorang warga negara Maroko, Fouad Mourtada, ditahan oleh kepolisian
setempat karena membuat profil palsu atas nama Pangeran Moulay Rachid yang
merupakan salah satu anggota keluarga Kerajaan Maroko.
Sejumlah
pengguna yang ingin keluar dari jaringan Facebook mengeluh kesulitan dalam
menghapus profilnya. Hal ini terjadi karena sebelumnya Facebook hanya
mengizinkan pengguna untuk sekedar deaktivasi saja sedangkan data-data pribadi
tetap tersimpan dalam server Facebook. Kebijakan ini banyak dikritik oleh para
pengguna yang ingin benar-benar menghapus seluruh datanya. Menanggapinya, pihak
Facebook kemudian merubah kebijakan pada 29 Februari 2008 sehingga sejak saat
itu pengguna yang ingin keluar dapat meminta data-data pribadinya untuk dihapus
sama sekali dari jaringan Facebook.
Pada
2004, ConnectU, sebuah situs yang mirip dengan Facebook, membuat tuntutan hukum
kepada Zuckerberg atas tuduhan penjiplakan ide kreatif dan source code. Para
pendiri ConnectU (Divya Narendra, Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss) yang
merupakan rekan sekelas Zuckerberg di Harvard beranggapan bahwa konsep dasar
Facebook adalah ide mereka dan Zuckerberg hanyalah orang yang disewa untuk
mendesainnya.
Seorang
warga negara Kanada, Adam Guerbuez, pernah memanfaatkan situs Facebook untuk
mengiklankan produk pembesaran penis dan penggunaan mariyuana. Pihak Facebook
kemudian menggugat Guerbuez di pengadilan setempat dan memenangi gugatan itu.
Pada 24
Juli 2008, Grant Raphael, seorang warga Inggris diseret ke meja hijau atas
tuduhan membuat profil palsu yang isinya menghujat mantan rekan bisnisnya, Mattew
Firsht, sebagai seorang homoseksual.
Pesepakbola
tenar Italia, Alessandro Del Piero menggugat Facebook pada 9 Februari 2009
karena memuat profil palsu dirinya yang berisi tautan-tautan ke berbagai situs
propaganda Nazi. Del Piero kemudian menyatakan bahwa ia bukan pendukung Nazi
dan sama sekali tidak pernah memiliki akun apapun di Facebook.
Dampak Positif Dari Facebook:
Facebook
adalah salah satu jaringan sosial yang sangat tenar pada zaman sekarang, hampir
setiap orang memiliki facebook.facebook berguna agar pengguna dapat
berinteraksi dengan teman secara mudah,dapat memperbanyak teman dapat
memperluas jaringan pengguna, dan masih banyak sekali kegunaan yang lainnya.
facebook
memiliki dampak positif dan juga dampak negatif,itupun tergantung pengguna
dalam menggunakan facebook,apakah pengguna menggunakan jaringan sosial facebook
ini dengan hal-hal negatif atau dengan hal- hal yang positif. berikut adalah
dampak positif dari facebook:
1. dapat berinteraksi
dengan teman secara mudah
2. mempererat
silatuhrami dengan teman
3. sarana untuk
berdiskusi
4. sebagai alat promosi
5. agar jaringan kita
luas
Dampak Negatif Pada Facebook Adalah:
1. menjadi malas belajar
karena sudah ke asikan chat di facebook
2.
waktu terbuang sia-sia karena banyak pengguna menggunakan facebook hanya untuk bermain game dan o ama konco – konco apalagi
ama pacarnya…he…asyikk tuh……
3. menjadikan pengguna
malas bekerja, sehingga pekerjaan yang harus di kerjakan
tidak di
kerjakan.banyak sekali perusahaan- perusahaan yang menutup akses
jaringan facebook
4. pengguna menciptakan
jaringan yang tidak baik di facebook, seperti jaringan
teroris
5. menguras duit
6. berlama -lama di
depan komputer dapat menimbulkan penyakit kangker,strok,dll
berikut
yang saya sebutkan di atas tadi adalah beberapa dampak positif dan negatif
Nb : Pada Facebook. Ingat,
Facebook Berdampak Positif Dan Negatif Itu Tergantung
Pengguna Menggunakannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar